Rabu, 07 Desember 2016

SINTERING

Sintering adalah proses pembakaran campuran material dengan batubara. Sintering dilakukan pada temperatur tinggi sehingga menyebabkan menyatunya partikel membentuk bongkahan yang berporos. Bongkahan inilah yang disebut sinter.

Proses pembakaran pada sintering terbagi dalam beberapa zona. Zona pertama adalah zona pengeringan. Pada zona ini terjadi proses pengeringan material untuk menghilangkan kandungan air. Zona kedua adalah zona pembakaran dilanjutkan dengan zona sinter. Pada zona inilah mulai terbentuk sinter. Ketiga zona ini berbeda berdasarkan kedalaman dari lapisan material dan jarak dari burner atau api seperti yang ditunjukkan ilustrasi pada gambar di bawah.

Ilustrasi proses sintering
Peralatan yang digunakan saat sintering adalah (mesin sinter). Pada mesin ini terdapat burner yang berada dibagian ujung awal tempat masuk material. Burner merupakan sumber panas untuk membentuk sinter. Panas tersebut nantinya terpenetrasi atau menyebar sesuai dengan zona yang telah diilustrasikan pada gambar di atas. Tersebarnya panas dibantu oleh adanya sistem udara pada mesin yaitu dengan menyedot udara pada bagian bawah dari mesin ibarat seperti orang merokok. Udara tersebut masih menyimpan panas yang nantinya dapat disirkulasikan kembali untuk memanaskan material. Dibagian ujung akhir terdapat mesin pemotong yang berguna untuk mengecilkan ukuran membentuk sinter berukuran kira-kira 5 cm. 

Mesin sinter
sumber:https://www.vizagsteel.com/images/sp.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar