Rabu, 07 Desember 2016

NIKEL

Sifat dan Aplikasi

Nikel berada pada kerak bumi sekitar 80 ppm jumlahnya, tapi sebagian besar terkonsentrasi pada inti bumi. Sifat-sifat nikel ditunjukkan dalam tabel berikut:
Nomor atom
29
Berat atom
58,6934
Densitas pada 293K
8902 kg/m3
Titik leleh
1453 oC
Titik didih
2732
Struktur kristal
Face Centred Cubic (FCC)
Kekerasan
3,8 Mohs
Konduktivitas listrik

Nikel banyak digunakan sebagai alloying element untuk meningkatkan kekuatan, ketangguhan, serta ketahanan korosi paduan dalam berbagai aplikasi industri, seperti industri kesehatan, industri kimia, industri energi, sistem transportasi, dan lain-lain. Selain itu, nikel menjadi bahan dasar dalam superalloys yang banyak dimanfaatkan sebagai turbin blade pesawat terbang karena memiliki kemampuan dalam mempertahankan kekuatan struktur dari creep dan fatigue, dan menjaga permukaan dari korosi pada suhu tinggi.

Gambar 1 Contoh aplikasi nikel pada berbagai industri

Gambar 2 Persentase kegunaan nikel

Deposit

Nikel Laterite
Tipe deposit ini memiliki kadar rendah dengan tonase sangat besar dan letaknya dekat dengan permukaan. Nikel laterite merupakan sumber bijih nikel terbesar di dunia, sekitar 60% dari total sumber daya nikel dunia. Namun hanya sebagian kecil yang diproduksi secara ekonomis. Profil stratifikasi deposit nikel laterite beserta kemungkinan proses pengolahan yang bisa digunakan diilustrasikan dalam gambar berikut:

Gambar 3 Profil stratifikasi deposit nikel laterite beserta kemungkinan proses pengolahan yang bisa digunakan 

Nikel Sulfida
Meskipun nikel laterite menjadi cadangan nikel terbesar di dunia, tapi deposit nikel sulfida merupakan sumber utama dari pertambangan nikel saat ini. Rentang kadar bijih sulfida antara 0,15% dan sekitar 8% Ni, tapi 93% dari deposit yang telah diketahui berkisar antara 0,2 hingga 2% Ni (Hoatson, 2006). Deposit nikel sulfida di dunia dibagi menjadi 50% deposit stratabound, 32% deposit basal, dan 18% batuan extrusive ultrafamic. Kadar Ni dan contoh daerah untuk masing-masing tipe deposit nikel sulfida ditunjukkan dalam tabel berikut:
  
Tipe deposit
Kadar Ni
Daerah
Stratabound
0,2 – 3%
Bushveld Igneous Complex, South Africa.
Great Dyke, Zimbabwe.
Basal
0,6 – 2%
Noril’sk, Rusia.
Voisey’s Bay, Kanada.
Jinchuan, China.
Batuan extrusive ultrafamic
1,5 – 8%
Kambalda, Australia.
Mount Keith, Australia.
Thompson Belt, Kanada.

Persebaran sumber daya deposit bijih nikel laterit dan sulfida di beberapa negara ditunjukkan dalam tabel berikut:

Tabel 3 Persebaran sumber daya deposit bijih nikel laterit dan sulfida di beberapa negara


Tidak ada komentar:

Posting Komentar