Senin, 21 November 2016

EMAS

Emas atau Aurum adalah unsur kimia dengan simbol Au dan nomor atom 79. Secara kimia emas adalah logam transisi dan merupakan unsur golongan ke-11 dalam periodic table. Emas merupakan logam yang soft, malleable, ductile, dengan warna kuning mengkilap. Emas juga merupakan salah satu unsur kimia yang tidak reaktif dan memiliki bentuk solid pada kondisi standar.


Logam emas lebih sering ditemukan dalam unsur bebas (native) berbentuk nuggets atau grains dalam batuan, veins, dan dalam alluvial deposits. Sangat jarang emas ditemukan dalam bentuk senyawa emas seperti tellurium, calaverite, sylvanite, atau krennerite. Emas dalam bentuk unsur bebas metallic memiliki struktur yang sama dengan grup isometric copper. Emas dalam bentuk larutan padat bersama dengan unsur native perak (Ag) akan membentuk paduan secara alami bernama electrum. Bentuk lain paduan emas yang lain adalah bersama dengan tembaga dan palladium (Pd).
Emas tahan dalam individual acids, namun dapat larut dalam larutan aqua regia (nitro-hydrochloric acid), yang dinamakan demikian karena dapat melarutkan emas. Emas juga dapat larut dalam larutan alkaline cyanide. Larutan inilah yang biasa digunakan dalam industri pengolahan emas. Selain itu, emas larut dalam merkuri membentuk paduan amalgam. Emas tidak larut dalam asam nitrat yang dapat melarutkan perak dan base metals. Sifat inilah yang kemudian digunakan sejak lama untuk mengkonfirmasi terdapatnya emas pada pengujian asam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar