Senin, 28 November 2016

BAHAYA DI INDUSTRI PELEBURAN

Bahaya utama yang terdapat di industri peleburan adalah panas yang disebabkan oleh radiasi infrared dari peralatan peleburan dan lelehan logam. Lingkungan panas dapat menimbulkan heat stress. Heat stress dapat mengakibatkan penyakit akibat panas diantaranya heat rash (timbul bintik), heat cramps (kejang), heat exhaustion (kelelahan) dan heat stroke. Sedangkan, temperatur nyaman untuk bekerja adalah diantara 20-24ᴼC. Temperatur yang lebih tinggi ataupun lebih rendah dari itu dapat menyebabkan turunnya performa kerja.

Ilustrasi lingkungan panas
sumber:http://2.bp.blogspot.com/



Selain itu, terdapat bahaya terpaparnya bahan kimia berbahaya berbentuk debu, uap, dan gas selama proses peleburan berlangsung. SO2, NO2, dan CO produk dari hasil pembakaran merupakan contoh gas beracun yang berbahaya.

Ilustrasi keracunan gas
sumber:http://www.realsafety.org/2014/12/prevent-carbon-monoxide-poisoning-this-winter/

SO2 dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru yang menyebabkan timbulnya kesulitan bernafas. SO2 juga mampu bereaksi dengan senyawa kimia lain membentuk partikel sulfat yang jika terhirup dapat terakumulasi di paru-paru dan menyebabkan kesulitan bernapas, penyakit pernapasan, dan bahkan kematian (EPA, 2007) bila konsentrasinya melebihi 500 ppm.

Bahaya atau dampak paparan NO2 yaitu dapat bersifat racun bagi paru-paru dan dapat menyebabkan kekejangan serta kelumpuhan pada sistem syaraf. Selain dalam bentuk NO2, gas NO juga merupakan gas yang beracun. Walaupun gas NO belum seberacun gas NO2 yang dapat menyebabkan kematian.

Gas CO (karbon monoksida) adalah gas yang sangat beracun. Gas CO dapat berikatan dengan hemoglobin dalam darah sehingga dapat berefek pada kesehatan. Konsentrasi CO di udara yang hanya 10 ppm dapat menyebabkan reaksi panca indra tidak normal. Sedangkan pada konsentrasi lebih besar dari 500 ppm dapat menyebabkan pingsan hingga kematian.  Pada konsentrasi CO 5000 ppm dapat menyebabkan kematian hanya dalam waktu 20 menit. Konsentrasi gas CO dan konsekuensinya terhadap kesehatan bahkan hingga kematian diperlihatkan pada gambar di bawah.

Nilai ambang batas CO dan gejalanya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar